10 Smartphone Terbaik di Tahun 2013

Selama 2013 ini banyak produsen smartphone dunia yang meluncurkan produk terbaru. Untuk menciptakan smartphone terbaik, para produsen terus berinovasi, baik memperbaharui perangkat keras, fitur-fitur, sistem operasi terbaru, bahkah menururnkan harganya agar bisa bersaing.



Laman Techradar, Selasa 24 Desember 2013, merilis daftar 10 smartphone terbaik yang diciptakan pada tahun 2013. Meskipun bergelar terbaik, bukan berarti smartphone tersebut laku di pasaran.

Namun, daftar ini bertujuan untuk menjadi panduan bagi Anda yang ingin membeli smartphone sebagai hadiah Natal dan Tahun Baru. Berikut daftarnya 10 smartphone terbaik di tahun 2013:

1. HTC One

HTC One terpilih sebagai ponsel pintar terbaik di tahun ini. Ponsel yang dibalut dengan alumunium unibodi ini sangat mengesankan dan menakjubkan. Tak salah jika HTC One menjadi salah satu ponsel yang patut dipertimbangkan oleh saingannya.

Ponsel berlayar 4,7 inci Full HD, sasis alumunium kualitas tinggi, menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean, dan mendukung jaringan LTE, sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin membeli ponsel pintar baru.

Fitur unggulannya adalah HTC UltraPixel Camera dan HTC Zoe. Kameranya mampu mampu menangkap cahaya 300 persen lebih banyak dibanding sensor kamera smartphone lainnya. Sementar fitur Zoe, menghadirkan kemampuan untuk mengabadikan foto berresolusi tinggi dalam bentuk kolase yang dinamis.

2. LG G2

Produsen ponsel asal Korea Selatan, LG, berhasil menciptakan ponsel terbaiknya pada September tahun 2013, yaitu LG G2. Ponsel ini memiliki layar, kamera, dan audio berkualitas terbaik.

Teknologi terbarunya adalah dengan menciptakan tombol power dan volume di bagian belakang ponsel. Tak hanya itu, fitur mengunci dan membuka ponsel hanya dengan mengetuk layar menjadi salah satu favorit para penggunanya.

3. Samsung Galaxy S4

Samsung merilis Galaxy S4 pada Maret 2013. Perangkat flagship atau andalan dari Samsung ini memiliki fitur touchscreen Air Gesture yang dapat mendeteksi jari-jari penggunanya saat belum menyentuh layar.

Samsung Galaxy S4 hadir dengan layar berukuran 4,99 inci atau 5 inci, yang dilapisi Super AMOLED beresolusi 1920 x 1080 alias Full HD, dengan tingkat kerapatan piksel 440 ppi, jauh lebih tajam dari iPhone 5 yang hanya 326 ppi.

Galaxy S4 juga terkenal dengan baterainya yang tahan lama.  Ponsel pintar asal Korea Selatan itu mampu melakukan panggilan telepon hingga lebih dari 1.000 menit, dan pemakaian Internet 400 menit.

4. iPhone 5S

Pada September 2013 lalu, Apple merilis seri iPhone terbarunya, yaitu iPhone 5S.

iPhone 5S menjadi ponsel pintar pertama yang dibenamkan prosesor 64 bit dengan bentuk chip Apple A7. Chip ini memang dinanti-nanti karena santer dikabarkan di media asing, suguhan grafisnya terbukti super-tajam dan sensor geraknya lebih peka.

Fitur terbarunya ada sensor sidik jari yang diletakkan pada tombol 'home' untuk menunjang keamanan ponsel. Fitur ini menjadi fitur keamanan paling hot yang dibicarakan di jagat maya.

5. Moto G

Motorola baru saja meluncurkan ponsel pintar terbarunya berharga terjangkau pada tanggal 4 Desember 2013 lalu yang diberi nama Moto G.

Moto G dipasarkan dengan banderol US$179 (setara Rp2,13 juta) untuk versi 8 GB dan US$199 (setara Rp2,3 juta) untuk versi 16 GB.

Meski dari harga tergolong ponsel terjangkau, secara spesifikasi Moto G setara ponsel premium. Moto G hadir dengan layar HD 4,5 inchi beresolusi 1280 x 720 piksel. Teknologi layar telah mengadopsi Gorilla Glass terbaru, serta prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 400 quad-core 1,2GHz Cortex-A7.

Ponsel dengan baterai berkapasitas 1950 mAh ini juga dilengkapi dua kamera, 5 MP dengan LED flash di belakang, dan kamera depan 1,3 MP. Moto G juga dijalankan dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dan mampu ditingkatkan ke Android terbaru.

6. HTC One Mini

HTC meneruskan kesuksesan HTC One dengan meluncurkan HTC One Mini pada bulan Agustus 2013. Spesifikasi HTC One Mini dan HTC One hampir sama. Yang membedakannya hanya ukurannya saja dan harganya yang lebih murah.

HTC One Mini menggunakan layar 4,3 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan kerapatan 342ppi, prosesor dual core, RAM 2 GB, kamera UltraPixel, memori 16 GB, baterai 1700 mAh, dan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean.

7. Samsung Galaxy Note 3

Samsung meluncurkan tablet barunya, Galaxy Note 3, padaawal bulan September 2013. Generasi ketiga Note itu disebut-sebut sebagai "pembunuh" iPhone 5S mewakili lini Android.

Galaxy Note 3 memliki lebar layar 5,7 inci. Sangat nyaman saat dipakai bermain game, menonton video di YouTube, atau sekadar membaca artikel di Internet.

8. Nokia Lumia 520

Nokia meluncurkan ponsel pintar berbasis Windows Phone 8 terbaru, Nokia Lumia 520 pada Mei 2013. Tipe ini menjadi produk Nokia berbasis WP8 paling terjangkau dan memberikan pengalaman yang sebelumnya hanya ditemui pada ponsel pintar kelas atas. Harganya hanya Rp2 jutaan.

Nokia Lumia 520 mengadopsi layar 4 inci yang super sensitif, sehingga ponsel pintar ini menjadi lebih responsif dibanding produk lain di kelasnya. Ponsel ini juga dipersenjatai oleh prosesor dual-core 1 GHz.

Sebagai ponsel yang memiliki target market anak remaja, Lumia 520 dilengkapi pula dengan kamera 5 MP, berikut fitur unggulan smartshoot dan cinematograph. Ponsel ini hadir dengan ragam pilihan warna, mulai dari putih, merah, kuning, hitam, dan cyan.

9. Sony Xperia Z1

Sony memperkenalkan ponsel pintar terbarunya Xperia Z1 di sela ajang IFA 2013, Berlin, Jerman, bulan September 2013 lalu.

Gacoan baru Sony ini mengusung layar selebar 5 inci berkualitas Full HD dengan teknologi triluminos, casing alumuniun satu bagian, dan dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 800.

Xperia Z1 telah memenuhi sertifikasi IP57 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu. Sony juga menyematkan ponsel ini dengan kamera berkemampuan sensor 20,7 MP di bagian belakang, lengkap dengan G-lens dan BIONZ image processor.

10. Google Nexus 5

Ponsel flagship terbaru Google, Nexus 5, diluncurkan pada bulan November 2013 kemarin.

Nexus 5 sendiri adalah ponsel Nexus 5 pertama yang menggunakan layar Full-HD dan mendukung koneksi jaringan LTE. Ia juga merupakan ponsel pertama yang hadir dengan Android 4.4 KitKat.

Nexus 5 mengusung layar Full HD 4,95 inci dengan kerapatan piksel 445 ppi. Layarnya dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass 3. Urusan hardware, ponsle pintar ini ditenagai prosesor quad-core 2,3 GHz Qualcomm Snapdragon 800, chip grafis Adreno 330 450 MHz, dan RAM sebesar 2 GB.

Nexus 5 sudah ditanamkan kamera belakang 8 MP dengan fitur Optical Image Stabilization dan kamera depan 1,3 MP. Google Nexus 5 akan tersedia dalam dua tipe, 16 GB dan 32 GB.




Sumber:

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/469797-ini-sepuluh-ponsel-pintar-terbaik-sepanjang-2013

Penulis : Charley Christerico Corputty (Triple-C) ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 10 Smartphone Terbaik di Tahun 2013 ini dipublish oleh Charley Christerico Corputty (Triple-C) pada hari Senin, 30 Desember 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 10 Smartphone Terbaik di Tahun 2013
 

0 komentar:

Posting Komentar