Biografi LeBron James

LeBron Raymone James atau yang lebih dikenal dengan nama LeBron James adalah pemain bola basket Amerika Serikat yang bermain dalam All-Star di kompetisi National Basketball Association. Pria yang dijuluki sebagai King James ini sekarang bermain di klub Miami Heat.

James adalah anak dari seorang mantan napi, Anthony McClelland, yang menelantarkan ia dan ibunya sejak James lahir. Sementara ibunya, Gloria, melahirkan James ketika usianya masih 16 tahun dan membesarkan James sendirian. Itulah sebabnya mengapa ia memiliki nama belakang dari ibunya. Kini James tinggal di Miami bersama kekasihnya, Savannah Brinson, dan kedua anak mereka, LeBron James Jr. (lahir pada 6 Oktober 2004) dan Bryce Maximus James (lahir pada 14 Juni 2007).

Spesialis triple-double yang jago bola rebound ini. Di usia 18 tahun sudah teken kontrak US$ 90 juta. Dia adalah salah satu sihir lapangan basket. Atletis, kuat dan cepat. Kemahirannya dalam meliuk-liukkan badan menerabas pertahanan lawan membuatnya digelar King James. James terkenal sebagai jago bola rebounder meski posisinya hanya small forward, bukan power forward atau center. Kehebatannya dalam mengaduk-aduk permainan lawan sudah muncul kala dia duduk di bangku SMA di Ohio, sehingga dia memperoleh gelar "Mr. Basketball".

Sejak itu media massa di negeri Paman Sam itu sudah menyebutnya sebagai pebasket masa depan NBA. Tabalan ini muncul saat James masih menjalani tahun kedua (sophomore) di SMA St. Vincent-St. Mary.
Di usia 18 tahun, James sudah memuncaki daftar NBA Draft 2003 yang menjadi hak Cavaliers. Koceknya pun menggelembung. Perusahaan sepatu Nike mengontraknya US$ 90 juta, padahal dia belum menjalani karier professional.

Berposisi small forward, James bertabur rekor termuda sejak bermain di NBA. Ia menjadi debutan terbaik NBA (Rookie of the Year) musim 2003-04. Lalu, MVP NBA musim 2008-2009. Juga All-NBA and dan All-Star setiap musim sejak 2005. Kredit terbaik buat King James yakni ketika meloloskan Cavs ke playoff secara berturut-turut dari 2006 sampai 2009. Pada 2007, bahkan Cavaliers menjejak final Wilayah Timur (Eastern Conference) kali pertama sejak 1992, juga final NBA kali pertama sepanjang sejarah. James juga menjadi anggota tim nasional bola basket AS yang memenangi medali perunggu di Olimpiade 2004 dan 2008.

Kini, James menegaskan dirinya sebagai spesialis triple-double, dengan torehan rata-rata 27,5 poin, 6,7 assists dan 7 rebounds per game dalam karirnya. Sampai musim 2009-10, ia telah mencetak 31 triple-doubles dalam karirnya. 27 kali dicetak di musim reguler dan empat selama playoff atau postseason.
Pada musim 2005-06, James memimpin perolehan tembakan tiga angka (three point). Kemampuan LeBron acapkali disepadankan dengan legenda NBA macam Oscar Robertson, Magic Johnson, dan Michael Jordan. Juga rivalnya beda generasi, Kobe Bryant.

Sayangnya, James kurang memiliki kemampuan bertahan. Tapi, kelemahan ini mampu ditutupinya pada musim 2008-09 kala ia masuk NBA All-Defensive Team. Musim ini, ia berada di posisi runner up dalam voting Defensive Player of the Year.

Menjejaki Planet NBA lewat ‘jalur khusus' tanpa Liga Universitas alias NCAA, mengindentikkan LeBron James dengan pendahulunya, Kobe Bryant. James tumbuh menjadi pencetak poin andal alias top skorer NBA. Kedua pebasket ini beda generasi. Kobe menginjakkan kaki di NBA pada 1996, sedangkan James tujuh tahun kemudian. Jika Bryant mewarisi tongkat kepopuleran dari Michael Jordan, maka LeBron dalam beberapa tahun lagi akan melepaskan diri dari bayang-bayang Kobe yang telah berusia 32 tahun.

Bedanya, Kobe tak sempat mencicipi kehebatan Jordan dalam satu lapangan. Sedangkan James masih bisa menjajal ketangguhan sang senior. Rivalitas beda generasi ini mulai memanas dalam dua tahun terakhir.
Saat Bryant comeback dan menjadi MVP Reguler 2008, James lah Top Skorer nya. Saat James mewarisi gelar Kobe dengan menjadi MVP Reguler 2008, Bryant membawa Los Angeles Lakers menjadi kampiun NBA alias cincin keempat buatnya, serta MVP Final NBA. Benar-benar alih tongkat generasi yang sempurna. Kedua megabintang ini saling menginspirasi dan memotivasi.

Lalu, kapan giliran James menjadi yang terbaik dengan meraih trofi NBA? Tampaknya tak sampai lima musim lagi. Jika tidak, curriculum vitae indah LeBron akan tercoreng. Pasalnya, rekan seangkatannya yang juga sering disebut sebagai The Next Kobe, Dwayne Wade telah mengangkat trofi NBA 2006.

James punya dua anak dari kekasihnya sejak SMA, Savannah Brinson. Putra pertamanya, LeBron James Jr lahir pada 6 Oktober 2004. Dan yang kedua, Bryce Maximus James pada 14 Juni 2007.
Pada ulang tahunnya yang ke-24, James mendapatkan hadiah istimewa yakni berupa dua lagu dari gitaris avant-garde Buckethead di situsnya yang berjudul "LeBron" and "LeBron's Hammer". Dua lagu ini dirilis dalam album pada 2009 Slaughterhouse on the Prairie. Sebelumnya, lagu "King James" juga ada dalam album Crime Slunk Scene yang dirilis pada 2006.

James juga sempat menjadi atlet Sepakbola Amerika (American Football) semasa SMA di St.Vincent-St. Mary's. Dalam tahun keduanya (sophomore), ia masuk first-team all-state sebagai wide receiver setelah membawa timnya ke semifinal negara bagian. Saat itu, pengamat sempat memprediksi James akan bermain di Liga American Football (NFL).

Penulis : Charley Christerico Corputty (Triple-C) ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Biografi LeBron James ini dipublish oleh Charley Christerico Corputty (Triple-C) pada hari Minggu, 16 Juni 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Biografi LeBron James
 

0 komentar:

Posting Komentar